SOSIALISASI MITIGASI BENCANA ALAM ( TSUNAMI )

SOSIALISASI MITIGASI BENCANA ALAM ( TSUNAMI )

0 873

Indonesia adalah negara yang rawan bencana alam salah satunya bencana Tsunami yang di timbulkan karena gelombang pasang yang di akibatkan gempa bumi yang menyebabkan patahan di lapisan bumi atau sebab  lain yang mengakibatkan naiknya tekanan gelombang air laut. maka dari itu perlu adanya peningkatan suatu pengetahuan masyarakat akan bencana itu sendiri, Tegas Abai Saleh,S.Sos Camat Sumbermanjing Wetan. Maka dengan diadakanya penyuluhan atas upaya peningkatan kewaspadaan masyarakat di wilayah yang rawan bencana ini sangat membantu masyarakat,guna untuk meminimalisir suatu dampat negatif dari bencana itu sendiri ,imbuhnya.

Dalam pelaksanaan mitigasi  bencana ini dilaksanakan di Desa Sido Asri pada tanggal 26 Juni 2013 . Desa Sido Asri  merupakan wilayah Sumbermanjing Wetan yang berbatasan di bagian selatan dengan Samudra Hindia dan wilayah paling timur yang berbatasan wilayah Kecamatan Dampit.

Acara ini  di prakarsai Paguyupan Nelayan Desa Sido Asri dan di dukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, Dalam kesempatan ini diberikan pengetahuan tentang kebencanaan itu sendiri di samping diberikan suatu pengetahuan tentang tahap – tahap yang harus dilakukan bila terjadi bencana oleh Team dari BNPB Kab Malang, dan Akademisi dari ITS Surabaya yang merupakan pakar kebencanaan. Acara ini di hadiri oleh Bapak Camat Sumbermanjing Wetan,Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Malang,Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur, Akademisi dari ITS Surabaya, BNPB Pusat dari Jakarta serta masyarakat Desa Sido Asri dan sekitarnya.

Peningkatan kesadaran masyarakat akan bencana ini harus di lakukan secara terus menerus,pelaksanaan ini dilakukan dengan  pengenalan cara penangganan pertama bila terjadi bencana dan pemutaran video tentang kebencanaan.

Abai Saleh,S.Sos Juga menegaskan bahwa kegiatan ini tidak luput dari Visi Misi Kabupaten malang yang MADEP MANTEB yaitu Maju  dengan peningkatan kwalitas SDM masyarakat akan bencana sehingga meminimalisir dampatk negatif dari bencana. ( Devano )IMG_9803IMG_9795IMG_9800 IMG_9799

SIMILAR ARTICLES

Comments are closed.