Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN)

Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN)

0 167

PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di  kecamatan  dimaksudkan  sebagai salah satu upaya  meningkatkan  kualitas  pelayanan publik dengan cara  menjadikan  kecamatan  sebagai pusat  sekaligus simpul pelayanan masyarakat sebagai pelanggan harus  peranannya  sehingga   akan   terbangun yang  cepat, tepat, murah dan terjangkau.

IMG-20171026-WA0015

 

PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Satu tempat disini berarti cukup melalui satu meja atau loket pelayanan.

IMG-20171026-WA0005

Beberapa persyaratan harus dipenuhi bagi kecamatan yang akan menyelenggarakan PATEN, meliputi pertama persyaratan substantifartinya sebelum diselenggarakannya PATEN harus terlebih dahulu diawali dengan adanya pendelegasian wewenang di bidang perijinan dan non perijinan dari Bupati kepada Camat, kedua persyaratan administratifmaksudnya agar dipersiapkan terlebih dahulu standar-standar pelayanan publik (SPP) untuk masing-masing jenis pelayanan, termasuk penyusunan SOP (Standar Operating Procedure) berkoordinasi dengan SKPD terkait, khususnya SKPD penyelenggara PTSP, dan ketiga persyaratan teknismeliputi sarana-prasarana dan pelaksana teknis (SDM aparatur) PATEN.

SIMILAR ARTICLES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>