Petik Laut Sendangbiru Kecamatan Sumbermanjing wetan 2017

Petik Laut Sendangbiru Kecamatan Sumbermanjing wetan 2017

0 22

IMG-20171002-WA0019

Sumbermanjing Wetan 27092017. 

Tradisi petik laut hingga saat ini masih ada di golongan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar pantai karena tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu. Setiap kelompok masyarakat yang ada di pesisir laut pasti melakukan upacara rutin ini setiap tahunnya, tradisi ini bahkan menjadi agenda wisata di Kabupaten Malang.

IMG-20171002-WA0026

Banyak wisatawan yang datang saat diadakannya agenda petik laut ini karena memang bisa membuat penasaran, apalagi orang dari luar Kabupaten Malang. Kelompok masyarakat dari Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang juga memegang erat tradisi yang satu ini.

IMG-20171002-WA0009

Salah satu tujuan diadakannya tradisi petik laut di Sendangbiru ini adalah meminta keselamatan para nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa karena telah memberikan rizqi yang melimpah juga, sehingga agenda tahunan ini menjadi rutinan masyarakat setempat.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang  mengklaim bahwa selain sebagai tradisi masyarakat nelayan di Pantai Sendangbiru, upacara petik laut adalah salah satu agenda wisata budaya tahunan. Pemerintah juga menyebutkan bahwa petik laut dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga patut dilestarikan dan terus dikembangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>