Monthly Archives: Oktober 2017

0 166

PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di  kecamatan  dimaksudkan  sebagai salah satu upaya  meningkatkan  kualitas  pelayanan publik dengan cara  menjadikan  kecamatan  sebagai pusat  sekaligus simpul pelayanan masyarakat sebagai pelanggan harus  peranannya  sehingga   akan   terbangun yang  cepat, tepat, murah dan terjangkau.

IMG-20171026-WA0015

 

PATEN merupakan penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Satu tempat disini berarti cukup melalui satu meja atau loket pelayanan.

IMG-20171026-WA0005

Beberapa persyaratan harus dipenuhi bagi kecamatan yang akan menyelenggarakan PATEN, meliputi pertama persyaratan substantifartinya sebelum diselenggarakannya PATEN harus terlebih dahulu diawali dengan adanya pendelegasian wewenang di bidang perijinan dan non perijinan dari Bupati kepada Camat, kedua persyaratan administratifmaksudnya agar dipersiapkan terlebih dahulu standar-standar pelayanan publik (SPP) untuk masing-masing jenis pelayanan, termasuk penyusunan SOP (Standar Operating Procedure) berkoordinasi dengan SKPD terkait, khususnya SKPD penyelenggara PTSP, dan ketiga persyaratan teknismeliputi sarana-prasarana dan pelaksana teknis (SDM aparatur) PATEN.

0 201

 

Kali ini saya akan membahas tentang apa yg bisa di urus di Kecamatan Sumbermanjing Wetan beserta Persyaratan yang wajib dipenuhi.

IMG-20171026-WA0016

PERSYARATAN MENGURUS KARTU KELUARGA (KK)            

  1. FORMULIR PERMOHONAN KK DARI DESA DI STEMPEL RT,RW, dan KEPALA DESA
  2. KARTU KELUARGA ASLI YANG LAMA
  3. FOTO COPY SURAT KETERANGAN LAHIR DARI DESA
  4. FOTO COPY SURAT KETERANGAN LAHIR DARI BIDAN ATAU RUMAH SAKIT ATAU DUKUN BERANAK (YANG DI BUAT DESA)
  5. SURAT PENGANTAR PENGAJUAN KK DARI KECAMATAN

PESYARATAN MENGURUS KTP

  1. FORMULIR PERMOHONAN KTP DARI DESA DIDTEMPEL RT,RW,DAN KEPALA DESA
  2. FOTO COPY KARTU KELUARGA TERBARU DAN BENAR
  3. SURAT KETERANGAN SUDAH MELAKSANAKAN PEREKAMAN E-KTP DARI KECAMATAN
  4. KTP ASLI ATAU FOTO COPY KTP ATAU SURAT KEHILANGAN KTP DARI POLSEK
  5. SURAT PENGANTAR PENGAJUAN E-KTP DARI KECAMATAN

PERSYARATAN MENGURUS KARTU KUNING

  1. FOTO COPY KK
  2. FOTO COPY KTP
  3. FOTO COPY IJAZAH SD SAMPAI TERAKHIR
  4. FOTO 3X4 (3 LEMBAR) HITAM PUTIH
  5. SURAT REKOMENDASI KERJA DARI DISNAKER KAB. MALANG

PERSYARATAN MENGURUS SKCK

  1. PERHOMONAN RT/RW
  2. FORMULIR PERMOHONAN MEMBUAT SKCK DARI DESA
  3. FOTO COPY KK
  4. FOTO COPY KTP
  5. FOTO 3X4 (1 LEMBAR)
  6. FOTO COPY AKTA KELAHIRAN
  7. SURAT PENDUKUNG ORANG TUA DARI DESA

PERSYARATAN MENGURUS PINDAH 

  1. SKCK DARI DESA YANG SUDAH DITANDA TANGANI KEPALA DESA DAN BERSTEMPEL
  2. SURAT KETERANGAN PINDAH DARI DESA YANG SUDAH DITANDA TANGANI KEPALA DESA DAN BERSTEMPEL
  3. FOTO COPY KK
  4. FOTO COPY KTP
  5. FOTO COPY SURAT NIKAH

Bagaimana ? Sangat mudah kan ? ayo ke kecamatan urusi surat menyurat dengan mudah. ^_^

0 150

 

Sumbermanjing wetan. Kali ini Dinas Perikanan Kabupaten Malang Hadir di Kecamatan Sumbermanjing wetan guna membina para Pembudidaya ikan se Kecamatan Sumbermanjing wetan agar mendapatkan Hasil yang maksimal dan meminimalisir kerugian. dalam pembinaan ini mengajarkan memilih air yang baik dan memanfaatkan pupuk kandang untuk sarana penetralisir air aar ikan tidak mati.

0 300

 

Bersih Desa. yup agenda tahunan Desa ini selalu diadakan di setiap desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan tidak heran bila dapat menarik perhatian wisatawan yang ingin menyaksikan kegiatan tahunan desa ini. dan pastinya akan sangat meriah.

Desa Ringinsari

IMG-20171016-WA0039

Desa ringinsari termasuk desa yang rutin mengadakan agenda tahunan ini. Desa ringin sari mengadakan gerak jalan sehat sebagai salah satu susunan acara bina desa tahun ini, kali ini MUSPIKA Kecamatan Sumbermanjing Wetan ikut menghadiri gerak jalan sehat dalam rangka Bersih Desa ini.

Desa Druju

IMG-20171013-WA0008

Desa Druju tidak kalah seru dengan Desa Ringinsari . Kali ini Desa Druju mengadakan pergelaran wayang semalam suntuk, dan dihadiri oleh MUSPIKA Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Sekian Postingan Saya ^_^

0 425

 

Pemkab Malang akan menggelar Beach Festival dalam serangkaian Hari Jadi ke-1257. Melalui Malang Beach Festival, Pemkab Malang mendapat dua keuntungan yaitu mendongkrak jumlah wisatawan dan memeriahkan Hari Jadi ke-1257.

berikut ini acara yang berlangsung dalam event Malang Beach Festival

Jadwal-Malang-Beach-Festival-2017-ist

0 1617

Kecamatan Sumberanjing Wetan memiliki beragam pantai yang layak dikunjungi sebagai objek wisata.

berikut ini nama nama pantai yang berada di kawasan Kecamatan Sumbermanjing Wetan .

 

1. Pantai Perawan

750x500-jarang-terjamah-tengok-keindahan-pantai-perawan-sidoasri-ini-yuk-160524a

Pantai Perawan Terletak di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Perawan alias pantai Sidoasri memiliki pemandangan yang indah dengan adanya bentuk cekungan, sehingga terlihat seolah-olah diapit dua buah teluk. Pasir pantai ini berwarna putih cenderung cokelat. Keindahan pantai semakin diperkaya dengan adanya tumbuh-tumbuhan hijau yang berdiri subur di pinggiran pantai.

2. Pantai Sendiki

IMG_20141001_133943

Pantai Sendiki Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendiki mempunyai pasir yang putih dan memiliki panorama yang sangat indah membuat para wisatawan senang dan betah. Meski belum sepopuler pantai-pantai yang lain pantai Sendiki mampu membuat pengunjung tertarik untuk menyakisikan keindahan pantai Sendiki, pasir yang bersih membuat wisatawan betah dan senang mengunjungi pantai Sendiki, berbagai aktifitas bisa anda lakukan di pantai Sendiki seperti bermain voly pantai, Camping, atau duduk saja dengan melepas lelah.

 

3. Pantai Tamban

pantai-tamban

Pantai Tamban Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Tamban  juga masih sangat alami dan memiliki keindahan yang tidak kalah memanjakan, pasir putihnya yang indah dan lembut akan memanjakan pijakan anda ketika menyusuri pantai tamban tersebut, birunya air laut yang jernih yang dilengkapi dengan pemandangan tebing karang yang menjulang tinggi dan pepohonan hijau yang menyejukkan akan menyambut pandangan anda saat berada di pantai tersebut. banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai tamban ini.

 

4. Pantai Sendangiru

img_6794

Pantai sendangbiru Terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini tepat berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh Selat Sempu yang sempit dan dengan panjang sekitar 4 kilometer. Di selat ini cocok digunakan untuk berperahu atau olahraga air lainnya karena lokasinya terlindung oleh Pulau Sempu. Oleh karena itu, biasanya pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kealamiannya. Adanya Pulau Sempu menjadi daya tarik sendiri Pantai Sendangbiru. Pulau Sempu, merupakan Cagar Alam yang berdanau tawar penuh ikan lele di tengah hutannya dan juga danau air laut. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pasar ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) dan wisata naik perahu bermesin diesel berkeliling pantai. Mayoritas wisatawan yang datang untuk naik perahu dan berbelanja ikan segar karena harganya yang sangat murah. Harga ikan mengikuti musim, sehingga jika pada saat ombak sedang tinggi harga ikan mahal.

 

5. Clungup Mangrove Conversation

16f8dc6fb00ec55fa8c1bcc9652cde48-800x600

Clungup Mangrove conversation Terletak di Desa tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. pasti sudah pernah denar pantai 3 warna kan? Pantai 3 warna, Pantai Clungup, dan Pantai Gatra terletak di clungup mangrove conversation. dengan hanya sekali bayar di loket masuk dapat menikmati keindahan 3 pantai tersebut dalam sekali perjalan.

6. Pantai Goa Cina

pantai-goa-cina-malang

Pantai Goa Cina Terletak di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai goa cina memiliki air laut yang cukup bersih dan pasir putih. Salah satu keunikan Pantai goa cina adalah ombak liar pantai yang menghadap langsung ke samudera hindia, tetapi ada hal yang istimewa di pantai ini, meskipun lokasi terletak di selatan pulau jawa anda dapat menikmati sunrise di pagi hari di pantai goa cina ini.

 

7. Pantai Teluk Asmara

clungup web

Pantai Teluk Asmara terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Teluk ini dekat dengan deretan pantai yang ada di Malang Selatan. Yang membedakannya dengan wisata bahari lainnya, Teluk Asmara dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya. Masih sepi, jika bermain di sini kamu akan merasa seperti sedang berada di pantai milikmu sendiri.

Screenshot_3

Pantai Klatakan Terletak di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Klatakan ini menjadi destinasi wisata baru di Malang dan masih alami belum banyak terexpose. Pantai ini mempunyai pemandangan yang cukup bagus dan mempesona dan membuat penasaran dengan Pantai Klatakan, rasa sensasi alam yang begitu tenang deburan ombak yang terdengar di telinga membuat hati dan pikiran kita tenang.

Pasir halus berwarna kecoklatan di temani pulau-pulau kecil disebrang menambah kecantikan Pantai Klatakan. pantai ini menyimpan banyak pesona alam wisata yang di suguhkan, dari pemandangan alam dan bawah lautnya yang cukup bagus sayang jika tidak untuk dinikmati, pantai ini juga dalam binaan dinas perikanan Kabupaten Malang dan dikelola masyarakat Sidoasri.

pantai-watu-leter-sitiarjo-malang-jawa-timur

Pantai Watu Leter Terletak di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Watu Leter memiliki kemiripan dengan suasana di Pantai Goa Cina namun tempat ini berbeda suasananya lebih sepi. Sehingga tampak lebih bersih, nyaman dan tenang, dengan Gelombang ombak yang cukup tenang sehingga wisatawan dapat bermain air, Pantai Watu Leter memiliki air laut yang sangat jernih dan agak dingin di bandingkan dengan yang ada di Pantai Goa Cina.Selain itu Pantai Watu Leter memiliki pasir yang lembut dan bersih, batu karang yang menjulang berada di bibir pantai terlihat sangat indah. Pantai ini tampak mirip dengan sebuah kolam yang cukup tenang, beberapa pohon yang ada di pinggir pantai terdapat pohon yang cukup hijau dan rimbun, dan cukup untuk berteduh dari teriknya sinar matahari.

0 340

IMG-20171005-WA0009

Sekarbayu. Program Bina Desa saat ini bertempat di Desa Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Program Bina Desa sendiri merupakan program di mana Bupati beserta seluruh pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melaksanakan pelayanan dan berbagai kegiatan di desa dengan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Ada banyak Kegiatan dalam Acara Program Bina Desa ini salah satunya adalah program bedah rumah yang bertujuan agar terbangunnya rumah yang layak huni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

IMG-20171005-WA0011

 

tidak mau kalah Dinas Pertanian juga mengadakan Lomba Cita Rasa Kopi Sumawe. Sejumlah penggiat kopi di Malang Raya dihadirkan, dan juri-juri berkompetensi di ranah kopi didatangkan. Acara lomba citarasa kopi robusta ini dikawal oleh penggiat kopi dari Rebak Kedaulatan.

Ada lomba citarasa kopi, ada bazaar kopi, ada pula produk-produk UMKM Sumbermanjing yang turut dipamerkan. Sekarbanyu pun Dipenuhi oleh massa.

l-20170926172121img20170926091720

0 254

IMG-20171002-WA0019

Sumbermanjing Wetan 27092017. 

Tradisi petik laut hingga saat ini masih ada di golongan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar pantai karena tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu. Setiap kelompok masyarakat yang ada di pesisir laut pasti melakukan upacara rutin ini setiap tahunnya, tradisi ini bahkan menjadi agenda wisata di Kabupaten Malang.

IMG-20171002-WA0026

Banyak wisatawan yang datang saat diadakannya agenda petik laut ini karena memang bisa membuat penasaran, apalagi orang dari luar Kabupaten Malang. Kelompok masyarakat dari Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang juga memegang erat tradisi yang satu ini.

IMG-20171002-WA0009

Salah satu tujuan diadakannya tradisi petik laut di Sendangbiru ini adalah meminta keselamatan para nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa karena telah memberikan rizqi yang melimpah juga, sehingga agenda tahunan ini menjadi rutinan masyarakat setempat.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang  mengklaim bahwa selain sebagai tradisi masyarakat nelayan di Pantai Sendangbiru, upacara petik laut adalah salah satu agenda wisata budaya tahunan. Pemerintah juga menyebutkan bahwa petik laut dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga patut dilestarikan dan terus dikembangkan.