KEGIATAN
KEGIATAN

0 78

 

Pemkab Malang akan menggelar Beach Festival dalam serangkaian Hari Jadi ke-1257. Melalui Malang Beach Festival, Pemkab Malang mendapat dua keuntungan yaitu mendongkrak jumlah wisatawan dan memeriahkan Hari Jadi ke-1257.

berikut ini acara yang berlangsung dalam event Malang Beach Festival

Jadwal-Malang-Beach-Festival-2017-ist

0 52

IMG-20171005-WA0009

Sekarbayu. Program Bina Desa saat ini bertempat di Desa Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Program Bina Desa sendiri merupakan program di mana Bupati beserta seluruh pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melaksanakan pelayanan dan berbagai kegiatan di desa dengan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

Ada banyak Kegiatan dalam Acara Program Bina Desa ini salah satunya adalah program bedah rumah yang bertujuan agar terbangunnya rumah yang layak huni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

IMG-20171005-WA0011

 

tidak mau kalah Dinas Pertanian juga mengadakan Lomba Cita Rasa Kopi Sumawe. Sejumlah penggiat kopi di Malang Raya dihadirkan, dan juri-juri berkompetensi di ranah kopi didatangkan. Acara lomba citarasa kopi robusta ini dikawal oleh penggiat kopi dari Rebak Kedaulatan.

Ada lomba citarasa kopi, ada bazaar kopi, ada pula produk-produk UMKM Sumbermanjing yang turut dipamerkan. Sekarbanyu pun Dipenuhi oleh massa.

l-20170926172121img20170926091720

0 486

IMG_20150609_112312Sumbermanjing Wetan 220615. Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum ini dilaksanakan secara berkala disuluruh wilayah Desa di Kabupaten Malang dan untuk wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan sudah beberapa desa  dilaksanakan  Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum, dalam kesempatan ini Narasumber disampaikan dari Bagian Hukum Pemkab Malang, Badan Pertanahan Nasional Malang, Kejaksanaan Negeri, Pengadilan Negeri , Pengadilan Agama, Polres Malang.

Sosialisasi dan Penyuluhan  Hukum ini disampaikan karena untuk sosialisasi Produk produk hukum baru ataupun yang sudah ada. hal ini dilakukan karena dinamika di masyarakat tidak semua tahu adanya produk hukum baru atau hukum yang sudah ada,selain itu masyarakat dapat menyampaikan kendala atau permasalahan yang ada di daerah yang nantinya didapatkan suatu solusi terbaik, sehingga masyarakat mendapatkan pencerahan secara  seksama dari narasumber yang berkompeten dibidangnya. ( Dev )

IMG_20150609_101725

0 615

BUNDA PAUD 2015Sumbermanjing Wetan,220615. Rabu (25/03) Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Malang ( Ibu Hj. Jajuk Rendra Kresna ) yang juga selaku ” Bunda Paud ” Kabupaten Malang mengadakan kunjungan kerja di Kecamatan Sumbermanjing Wetan , pada kesempatan ini kunjungan pertama ke TK. Dharma Wanita 04 Desa Kedungbanteng dilanjutkan ke TK. Dharma Wanita 05 Kedungbanteng yang disambut meriah oleh siswa siswi dan orang tua siswa serta Dewan Guru TK.
Tujuan berikutnya adalah TK Darussalam dan TK. Dewi Sartika   Desa Tambakasri dilanjutkan ke TK. Dharma Wanita Desa Sidoasri, disana Beliau berkenan berdialog dengan wali murid tentang kegiatan lain sambil menunggu anak-anaknya dimana kegiatan positif dilakukan. Kunjungan terakhir dilanjutkan menuju Desa Ringinsari kunjungan Beliau menuju kelompok BKM  dimana anggotanya adalah mantan peserta KF yang mempunyai kegiatan ekonomi. ( Dev )

0 3147

IMG_3136Sumbermanjing Wetan,220615. Karbohidrat dapat diperoleh tidak hanya dari makanan dari beras saja tapi terdapat juga singkong dan jagung serta ubi ubian yang selama ini hanya digunakan sebagai menu kudapan saja daripada makanan pokok.

Tim Pengerak PKK dari 15 Desa berlomba menciptakan menu mulai dari bahan singkong,jagung, ubi ubian,telur, ikan,pisang,jantung pisang, hal ini bertujuan untuk mengangkat menu tradisional atau produk makanan lokal yang selama ini telah ada yang merupakan sumber karbohidrat, vitamin dan mineral dan sebagai langkah Ketahanan Pangan.

IMG_3141 IMG_3063

0 679

IMG_20150603_092723Sumbermanjing Wetan 220615. Tim Pengerak PKK Kecamatan Sumbermanjing Wetan melaksanakan lomba Yel Yel Tingkat Kecamatan Sumbermanjing Wetan, kegiatan ini dilaksanakan 03 Juni 2015 dan diikuti oleh anggota TP PKK Desa Se Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang berjumlah 15 Kelompok Yel Yel, hal ini bertujuan untuk memacu kreatifitas serta menumbuhkan rasa kebersamaan, dan Perwakilan TP PKK dari Desa Sitiarjo  menjadi Kelompok Juara Pertama yang memberikan penanpilan kreatif perpaduan musik modern dan tradisional. ( DEV )

0 337

IMG_1808

Sumbermanjing Wetan 17032015 PKK Kecamatan Sumbermanjing Wetan dalam kesempatan ini melakukan Rapat Koordinasi Se Kecamatan Sumbernajing Wetan yang bertempat di Aula Kecamatan yang di hadiri Perwakilan anggota PKK Desa yang hal ini bertujuan untuk kemajuan dalam pelaksanaan  10 Program PKK utamanya di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan Khususnya di Desa sehingga nantinya pelaksanaan progran tersebut dapat tepat sasaran dan bermanfaat langsung ke masyarakat. rapat koordinasi ini rutin dilaksanakan 1 bulan sekali sebagai bahan evaluasi maupun untuk menyampaikan program progam.

Betapa multi peran wanita dalam lingkungan maupun rumah tangga sehingga Bung Karno pun berkata dalam pidatonya yang mungkin dapat di jadikan telaahan betapa pentingya peran wanita dalam pembangunan suatu Bangsa bukan hanya dalam Rumah Tangga   Wanita itu bebannya dua, bukan satu. Beban di masyarakat dan beban di rumah tangga. Wanita tidak bisa menjadi manusia masyarakat saja, wanitapun ingin menjadi manusia rumah tangga, ingin menjadi manusia ibu, ingin menjadi manusia isteri.

Jika laki-laki kerja dari mulai matahari terbit sampai terbenam. Perempuan kerja tiada hentinya siang dan malam.

Wahai Wanita Indoneia, sadarlah, bangunlah, dan berjuanglah. Sekarang ikutlah dalam usaha menyelamatkan Republik, dan nanti jika Republik sudah selamat, ikutlah dalam usaha menyusun negara. Janganlah ketinggalan dalam Revolusi Nasional ini. Dan jangan pula ketinggalan nanti dalam menyusun masyarakat keadilan sosial dan kesejahteraan sosial. Sebab didalam Masyarakat Keadilan Sosial dan Kesejahtraan itulah engkau nanti akan menjadi Wanita yang merdeka ( Prolog dikutip dari Pidato BUNG KARNO dalam rapat “PEREMPUAN INDONESIA RAYA” sebelum merdeka pada tahun 1945). ( DEV )

IMG_1800

0 679

 IMG00229-20150308-0936Sumbermanjing Wetan 09032015. Pemerintah Kabupaten Malang akan menggelar Pilkades serentak di 13 desa, Minggu (8/3) ,Ketiga belas desa tersebut berada di 8 wilayah Kecamatan, Kecamatan Bantur, Kecamatan Bululawang, Kecamatan Dau ,Kecamatan Jabung, Kecamatan WagIr, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Tirtoyudo , Kecamatan Ngantang, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ,untuk Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa adalah Desa Sitiarjo.

Di Desa Sitiarjo yang mencalonkan Kepala Desa adalah Bapak Lispijanto Daud ( Incumbent ) dan Bapak Pudyo Sumartono. Pelaksanaan Pemilihan Kepala DesaSitiarjo ( 8/3 ) berjalan dengan Aman ,Tertib dan Damai yang dimulai jam 10.00 dan di tutup jam 16.00 dari  Daftar Pemilih Tetap 6206 orang  yang hadir 3994 orang dan tidak hadir 2212 orang. Hasil Pemilihan Kepala Desa Sitiarjo tersebut Calon Incumbent nomor urut 2 Bapak Lispijanto Daud unggul dengan perolehan 2620 suara dan Bapak Pudyo Sumartono memperoleh 1355 Suara dengan suara tidak sah 19 suara. ( DEV )

IMG00268-20150308-2205 IMG00239-20150308-1009

0 503

PILKADES SITIARJJOSumbermanjing Wetan 030315. Sesuai hasil hearing Bagian Tata Pemerintahan Desa bersama Komisi A DPRD Kabupaten Malang, Kamis (29/1) Pemerintah Kabupaten Malang akan menggelar Pilkades serentak di 13 desa, Minggu (8/3) mendatang.Ketiga belas desa tersebut berada di 8 wilayah Kecamatan, Kecamatan Bantur, Kecamatan Bululawang, Kecamatan Dau ,Kecamatan Jabung, Kecamatan WagIr, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Tirtoyudo , Kecamatan Ngantang, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ,untuk Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa adalah Desa Sitiarjo.

Dalam UU No 6 Tahun 2014 ketentuan pelaksanaan pemilihan kepala desa untuk calon Kepala Desa minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. “Dalam pendaftaran memang tidak ada batasan, tetapi tidak menutup kemungkinan, diantaranya ada yang gugur dalam penyaringan persyaratannya, diantaranya fit and proper test. Dalam kesempatan ini Panitia telah melakukan tahapan tahapan mulai pendaftaran , verifikasi berkas, fit and propertest ,pemilihan nomor urut calon dan penyampaian visi misi calon kades. serta tidak lupa adanya kesepakatan kesepakatan antara calon kepala desa, hal ini dilakukan supaya dalam pelaksanaan nanti tidak adanya saling kampanye hitam ( black campagne ) serta menjaga keamanan dan kententraman masyarakat karena bagaimanapun masih dalam lingkup masayarakat desa yang perlu dijunjung rasa keharmonisan antara anggota masyarakat . Di Desa Sitiarjo yang mencalonkan adalah Bapak Lispijanto Daud ( Incambent ) dan bapak Pudyo Sumartono. Adapun pelaksanaan pemilihan nanti tangal 08 Maret 2015 . ( DEV )

0 555

MUSRENBANG 2015Sumbermanjing Wetan 030315.Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan pembangunan Nasional (SIMRENNAS) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2000 Tentang Tata Cara Penyusunan, Pengendali dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah dimana dokumen perencanaan tahunan berupa Rencana Kerja disusun secara berjenjang dan teritegrasi mulai Tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota , Kecamatan dan Desa. Demi kepentingan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah ,Pada Musrenbang kecamatan ini di hadiri oleh Muspika Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Bapeda Kabupaten Malang, BPM Kabupaten Malang, Anggota DPRD Kabupaten Malang,Kepala Desa Se Kecamatan Sumbermanjing Wetan Dan Delegasi Desa serta Tokoh Masyarakat di wilayah Sumbermanjing Wetan.

Dalam kesempatanl ini melakukan koordinasi, konfirmasi, klarifikasi usulan program tingkat kecamatan yang nantinya di bawa ke tingkat Kabupaten, melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta menetapkan prioritas kegiatan yang akan diusulkan pada forum SKPD tersebut maka dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ditingkat Kecamatan. ( DEV )