WISATA

0 13

Kecamatan Sumberanjing Wetan memiliki beragam pantai yang layak dikunjungi sebagai objek wisata.

berikut ini nama nama pantai yang berada di kawasan Kecamatan Sumbermanjing Wetan .

 

1. Pantai Perawan

750x500-jarang-terjamah-tengok-keindahan-pantai-perawan-sidoasri-ini-yuk-160524a

Pantai Perawan Terletak di Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Perawan alias pantai Sidoasri memiliki pemandangan yang indah dengan adanya bentuk cekungan, sehingga terlihat seolah-olah diapit dua buah teluk. Pasir pantai ini berwarna putih cenderung cokelat. Keindahan pantai semakin diperkaya dengan adanya tumbuh-tumbuhan hijau yang berdiri subur di pinggiran pantai.

2. Pantai Sendiki

IMG_20141001_133943

Pantai Sendiki Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Sendiki mempunyai pasir yang putih dan memiliki panorama yang sangat indah membuat para wisatawan senang dan betah. Meski belum sepopuler pantai-pantai yang lain pantai Sendiki mampu membuat pengunjung tertarik untuk menyakisikan keindahan pantai Sendiki, pasir yang bersih membuat wisatawan betah dan senang mengunjungi pantai Sendiki, berbagai aktifitas bisa anda lakukan di pantai Sendiki seperti bermain voly pantai, Camping, atau duduk saja dengan melepas lelah.

 

3. Pantai Tamban

pantai-tamban

Pantai Tamban Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai Tamban  juga masih sangat alami dan memiliki keindahan yang tidak kalah memanjakan, pasir putihnya yang indah dan lembut akan memanjakan pijakan anda ketika menyusuri pantai tamban tersebut, birunya air laut yang jernih yang dilengkapi dengan pemandangan tebing karang yang menjulang tinggi dan pepohonan hijau yang menyejukkan akan menyambut pandangan anda saat berada di pantai tersebut. banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai tamban ini.

 

4. Pantai Sendangiru

img_6794

Pantai sendangbiru Terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini tepat berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh Selat Sempu yang sempit dan dengan panjang sekitar 4 kilometer. Di selat ini cocok digunakan untuk berperahu atau olahraga air lainnya karena lokasinya terlindung oleh Pulau Sempu. Oleh karena itu, biasanya pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kealamiannya. Adanya Pulau Sempu menjadi daya tarik sendiri Pantai Sendangbiru. Pulau Sempu, merupakan Cagar Alam yang berdanau tawar penuh ikan lele di tengah hutannya dan juga danau air laut. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pasar ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) dan wisata naik perahu bermesin diesel berkeliling pantai. Mayoritas wisatawan yang datang untuk naik perahu dan berbelanja ikan segar karena harganya yang sangat murah. Harga ikan mengikuti musim, sehingga jika pada saat ombak sedang tinggi harga ikan mahal.

 

5. Clungup Mangrove Conversation

16f8dc6fb00ec55fa8c1bcc9652cde48-800x600

Clungup Mangrove conversation Terletak di Desa tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. pasti sudah pernah denar pantai 3 warna kan? Pantai 3 warna, Pantai Clungup, dan Pantai Gatra terletak di clungup mangrove conversation. dengan hanya sekali bayar di loket masuk dapat menikmati keindahan 3 pantai tersebut dalam sekali perjalan.

6. Pantai Goa Cina

pantai-goa-cina-malang

Pantai Goa Cina Terletak di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai goa cina memiliki air laut yang cukup bersih dan pasir putih. Salah satu keunikan Pantai goa cina adalah ombak liar pantai yang menghadap langsung ke samudera hindia, tetapi ada hal yang istimewa di pantai ini, meskipun lokasi terletak di selatan pulau jawa anda dapat menikmati sunrise di pagi hari di pantai goa cina ini.

 

7. Pantai Teluk Asmara

clungup web

Pantai Teluk Asmara terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Teluk ini dekat dengan deretan pantai yang ada di Malang Selatan. Yang membedakannya dengan wisata bahari lainnya, Teluk Asmara dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya. Masih sepi, jika bermain di sini kamu akan merasa seperti sedang berada di pantai milikmu sendiri.

0 521

IMG00383-20150415-1114Sumbermanjing Wetan 16042015.  sekitar 300 nelayan Pantai Tamban Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Rabu ( 15/4 ) menggelar Syukuran Nelayan ( istilah lokal Encek – Encekan ) di pesisir Pantai Tamban. kegiatan tersebuut dihadiri oleh Staf ahli Bupati Malang bapak Adi Satri Rahmat , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata , Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ( perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Malang ), Muspika Sumbermanjing Wetan, Dan Pos AL Sendangbiru , Dan Pos Polisi Perairan Sendangbiru , Kepala UPTD se Kecamatan Sumbermanjing Wetan, 15 Kepala Desa se Kecamatan Sumbermanjing Wetan , Perhutani , Tokoh Masyarakat Sumbermanjing Wetan dan masyarakat sekitar.

IMG00390-20150415-1204

Dalam kesempatan ini Staf Ahli Bupati Malang menbacakan sambutan Bapak Bupati Malang yang berhalangan hadir , bahwa pendapatan perikanan nelayan Tamban masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan lagi. dan diharaokan nantinya dari dinas terkait melakukan dukungan demi kesejahteraan masyarakat pesisir, dan hal ini tidak lepas pula dari peran masyarakat itu sendiri yang dapat menyerap perkembangan teknologi.

kegiatan ini dilakukan setiap setahun sekali yang merupakan acara ritual masyarakat pesisir serta untuk menarik wisatawa untuk datang ke pantai Tamban. karena selain daerah untuk penangkapan ikan di Pantai Tamban juga terkenal dengan keelokan  pantainya juga sering digunakan untuk daerah hotspot pemancingan. ( DEV )

IMG00395-20150415-1206 IMG00379-20150415-1043 IMG00392-20150415-1205 IMG00386-20150415-1203